You need to enable javaScript to run this app.

Bantuan Kuota Belajar Kemdikbud

  • Rabu, 30 September 2020
  • BDR PJJ
  • #Admin13
  • 941 kali
Bantuan Kuota Belajar Kemdikbud

Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai Kedaruratan Kesehatan dan Bencana Nasional Nonalam. Ratusan ribu sekolah dan perguruan tinggi ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekitar 68 juta peserta didik melakukan kegiatan belajar dari rumah, serta sekitar 4 juta pendidik melakukan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.

Sesuai dengan Revisi Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tanggal 7 Agustus 2020, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan, maka satuan pendidikan yang berada di zona oranye dan merah dilarang untuk melakukan proses pembelajaran tatap muka dan melanjutkan belajar dari rumah.

Guna memastikan hak belajar setiap peserta didik terpenuhi, pemerintah menyalurkan bantuan subsidi kuota internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik dan pendidik. Bantuan kuota internet tersebut berupa kuota data internet yang terbagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Untuk mekanisme penyaluran bantuan diatur dalam Peraturan Sekretaris Jendral Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Berdasarkan peraturan itu diatur besaran kuota yang akan diberikan, yaitu :

Responsive image

Responsive image

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

Dalam pelaksanaan nya alhamdulillah sebanyak 705 orang Peserta didik SMP Negeri 13 Bogor telah menerima bantuan kuota dari kemdikbud, bisa dilihat di grafik berikut ini :

 

Daftar Peserta Didik yang terdeteksi nomor ponsel tidak aktif

untuk peserta didik yang masuk ke daftar yang tidak aktif, silahkan hubungi wali kelas masing-masing untuk update data nomor ponsel.

 

source gambar dan pembuka : Buku Saku Bantuan Internet Kemdikbud 2020

Bagikan artikel ini:
Tati Hermiati, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan mengucapkan segala puji ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, disertai rasa syukur karena  dengan bimbingan, rahmat,…

Berlangganan
Banner