SMP Negeri 13 Bogor

Jl. Pamoyanan No. 22 Kel. Rangga Mekar Kec. Bogor Selatan Kota Bogor

CHERIA ( Cerdas, Higienis, Enerjik, Responsif, Inovatif, Adaptif )

Implementasi Eraport di SMPN 13 Bogor

Jum'at, 09 Nopember 2018 ~ Oleh #admin ~ Dilihat 114 Kali

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Rapor utuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

Berdasarkan Edaran dari Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 5129/D3/KP/2017 tanggal 16 November 2017 tentang Pemberitahuan Release Aplikasi e-raport versi 1.0 yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) maka untuk semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 SMPN 13 Bogor akan mengaplikasikan penggunaan eraport.



Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT