SMP Negeri 13 Bogor

Jl. Pamoyanan No. 22 Kel. Rangga Mekar Kec. Bogor Selatan Kota Bogor

CHERIA ( Cerdas, Higienis, Enerjik, Responsif, Inovatif, Adaptif )

Rapor Mutu SMP NEGERI 13 BOGOR 2016

Kamis, 03 Agustus 2017 ~ Oleh #admin ~ Dilihat 564 Kali

 
STANDAR/INDIKATOR/SUB INDIKATOR
Nomor Standar/Indikator/SubIndikator Nilai Kategori
1 Standar Kompetensi Lulusan 5,75 ****
1.1. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap 6,93 *****
1.1.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME 7 *****
1.1.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap berkarakter 7 *****
1.1.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap disiplin 6,95 *****
1.1.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun 7 *****
1.1.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur 6,88 *****
1.1.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli 6,99 *****
1.1.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri 6,69 *****
1.1.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertanggungjawab 6,98 *****
1.1.9. Memiliki perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat 6,81 *****
1.1.10. Memiliki perilaku sehat jasmani dan rohani 6,98 *****
1.2. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan 3,77 ***
1.2.1. Memiliki pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif 3,77 ***
1.3. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan 6,55 ****
1.3.1. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif 6,41 ****
1.3.2. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif 5,89 ****
1.3.3. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kritis 6,54 ****
1.3.4. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak mandiri 6,75 *****
1.3.5. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kolaboratif 6,99 *****
1.3.6. Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak komunikatif 6,72 *****
2 Standar Isi 5,57 ****
2.1. Perangkat pembelajaran sesuai rumusan kompetensi lulusan 6,98 *****
2.1.1. Memuat karakteristik kompetensi sikap 7 *****
2.1.2. Memuat karakteristik kompetensi keterampilan 6,99 *****
2.1.3. Memuat karakteristik kompetensi pengetahuan 7 *****
2.1.4. Menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran 6,91 *****
2.1.5. Menyesuaikan tingkat kompetensi siswa 7 *****
2.2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai prosedur 6,31 ****
2.2.1. Melibatkan pemangku kepentingan dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 5,86 ****
2.2.2. Memiliki perangkat kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan 6,76 *****
2.3. Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan 3,42 **
2.3.1. Menyediakan alokasi waktu pembelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku 0 *
2.3.2. Menyelenggarakan aspek kurikulum pada muatan lokal 6,84 *****
3 Standar Proses 5,92 ****
3.1. Sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai ketentuan 6,36 ****
3.1.1. Mengacu pada silabus yang telah dikembangkan 6,63 ****
3.1.2. Mengarah pada pencapaian kompetensi 7 *****
3.1.3. Menyusun dokumen rencana dengan lengkap dan sistematis 5 ***
3.1.4. Mendapatkan evaluasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolah 6,8 *****
3.2. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan tepat 6,03 ****
3.2.1. Membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa sesuai ketentuan 6,98 *****
3.2.2. Mengelola kelas sebelum memulai pembelajaran 6,76 *****
3.2.3. Mendorong peserta didik mencari tahu 4,94 ***
3.2.4. Mengarahkan pada penggunaan pendekatan ilmiah 6,73 *****
3.2.5. Melakukan pembelajaran berbasis kompetensi 6,84 *****
3.2.6. Memberikan pembelajaran terpadu 6,84 *****
3.2.7. Melaksanakan pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi; 6,71 *****
3.2.8. Menuju keterampilan aplikatif 6,71 *****
3.2.9. Mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat 6,85 *****
3.2.10. Menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas. 4,32 ***
3.2.11. Mengakui atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik. 5,19 ****
3.2.12. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran 4,29 ***
3.2.13. Menggunakan aneka sumber belajar 5,25 ****
3.2.14. Mengelola kelas saat menutup pembelajaran 6,05 ****
3.3. Pengawasan dilakukan dalam proses pembelajaran 5,37 ****
3.3.1. Melakukan pemantauan proses pembelajaran 6,05 ****
3.3.2. Melakukan supervisi proses pembelajaran kepada guru 6 ****
3.3.3. Mengevaluasi proses pembelajaran 4,87 ***
3.3.4. Menindaklanjuti hasil pengawasan proses pembelajaran 4,58 ***
4 Standar Penilaian Pendidikan 5,86 ****
4.1. Aspek penilaian sesuai ranah kompetensi 6,6 ****
4.1.1. Mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan 6,45 ****
4.1.2. Memiliki bentuk pelaporan sesuai dengan ranah 6,75 *****
4.2. Teknik penilaian obyektif dan akuntabel 6,24 ****
4.2.1. Menggunakan jenis teknik penilaian yang obyektif dan akuntabel 6,45 ****
4.2.2. Memiliki perangkat teknik penilaian lengkap 6,03 ****
4.3. Penilaian pendidikan ditindaklanjuti 4,85 ***
4.3.1. Melakukan pelaporan penilaian secara periodik 4,49 ***
4.3.2. Menindaklanjuti hasil pelaporan penilaian 5,22 ****
4.4. Instrumen penilaian menyesuaikan aspek 6,13 ****
4.4.1. Menggunakan instrumen penilaian aspek keterampilan 6,11 ****
4.4.2. Menggunakan instrumen penilaian aspek pengetahuan 6,16 ****
4.4.3. Menggunakan instrumen penilaian aspek sikap 6,12 ****
4.5. Penilaian dilakukan mengikuti prosedur 5,47 ****
4.5.1. Melakukan penilaian berdasarkan penyelenggara sesuai prosedur 4,49 ***
4.5.2. Melakukan penilaian berdasarkan ranah sesuai prosedur 6,45 ****
5 Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4,91 ***
5.1. Ketersediaan  dan kompetensi guru sesuai ketentuan 6,3 ****
5.1.1. Berkualifikasi minimal S1/D4 7 *****
5.1.3. Berkompetensi pedagogik minimal baik 5,63 ****
5.1.4. Berkompetensi profesional minimal baik 6,26 ****
5.2. Ketersediaan  dan kompetensi kepala sekolah sesuai ketentuan 6,46 ****
5.2.1. Berkualifikasi minimal S1/D4 7 *****
5.2.2. Berpangkat minimal III/c atau setara 7 *****
5.2.3. Berusia sesuai kriteria saat pengangkatan 7 *****
5.2.4. Berkompetensi kepribadian minimal baik 7 *****
5.2.5. Berkompetensi kewirausahaan minimal baik 7 *****
5.2.6. Berkompetensi manajerial minimal baik 5,83 ****
5.2.7. Berkompetensi sosial minimal baik 5,6 ****
5.2.8. Berkompetensi supervisi minimal baik 5,25 ****
5.3. Ketersediaan dan kompetensi tenaga kependidikan sesuai ketentuan 1,98 *
5.3.1. Memiliki Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi berpendidikan sesuai ketentuan 2,88 **
5.3.2. Tersedia Tenaga Laboran 0 *
5.3.3. Tersedia Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi 7 *****
5.3.4. Tersedia Tenaga Pustakawan 0 *
5.3.5. Tersedia Tenaga Teknisi Laboran 0 *
6 Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan 5,52 ****
6.1. Kapasitas dan daya tampung sekolah memadai 7 *****
6.1.1. Memiliki kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai 7 *****
6.1.2. Rasio luas lahan sesuai dengan jumlah siswa 7 *****
6.2. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap 3,06 **
6.2.1. Kondisi ruang kelas sesuai standar  6,68 *****
6.2.2. Memiliki ruang perpustakaan layak pakai 0 *
6.2.3. Memiliki ruang kelas sesuai standar  2,48 **
6.3. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang lengkap 6,52 ****
6.3.1. Memiliki jamban sesuai standar 6,52 ****
7 Standar Pengelolaan Pendidikan 6,42 ****
7.1. Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan 6,37 ****
7.1.1. Memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas sesuai ketentuan 6,44 ****
7.1.2. Mengembangkan rencana kerja sekolah ruang lingkup sesuai ketentuan 6,12 ****
7.1.3. Melibatkan pemangku kepentingan sekolah dalam perencanaan pengelolaan sekolah 6,54 ****
7.2. Program pengelolaan dilaksanakan sesuai ketentuan 6,28 ****
7.2.1. Memiliki pedoman pengelolaan sekolah lengkap 5,91 ****
7.2.2. Menyelenggarakan kegiatan layanan kesiswaan 6,67 *****
7.2.3. Meningkatkan dayaguna pendidik dan tenaga kependidikan 6,79 *****
7.2.4. Melaksanakan kegiatan evaluasi diri 6,89 *****
7.2.5. Membangun kemitraan dan melibatkan peran serta masyarakat serta lembaga lain yang relevan 6,92 *****
7.2.6. Melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran 4,5 ***
7.3. Kepala sekolah berkinerja baik 6,1 ****
7.3.1. Berjiwa kewirausahaan 7 *****
7.3.2. Berkepribadian dan bersosialisasi dengan baik 6,3 ****
7.3.3. Melakukan supervisi dengan baik 5,25 ****
7.3.4. Mengembangkan sekolah dengan baik 5,83 ****
7.4. Sekolah mengelola sistem informasi manajemen 6,92 *****
7.4.1. Memiliki sistem informasi manajemen sesuai ketentuan 6,92 *****
8 Standar Pembiayaan 4,61 ***
8.1. Sekolah memberikan layanan subsidi silang 2,33 **
8.1.1. Melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu 7 *****
8.1.2. Membebaskan biaya bagi siswa tidak mampu 0 *
8.1.3. Memiliki daftar siswa dengan latar belakang ekonomi yang jelas 0 *
8.2. Beban operasional sekolah sesuai ketentuan  6,79 *****
8.2.1. Memiliki biaya operasional non personil sesuai ketentuan 6,79 *****
8.3. Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan baik 4,71 ***
8.3.1. Memiliki laporan pengelolaan dana  3,88 ***
8.3.2. Memiliki laporan yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan 3,24 **
8.3.3. Mengatur alokasi dana yang berasal dari APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya 7 *****

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT