You need to enable javaScript to run this app.

Nurul Anisa: Si Peneliti Lingkungan

  • Senin, 09 Februari 2015
  • Berita
  • #Admin13
  • Dilihat 1070 kali
Nurul Anisa: Si Peneliti Lingkungan

Bersih-bersih sekolah sudah merupakan kewajiban bagi Nurul Anisa. Pelajar SMPN 13 Bogor ini justru gemas melihat sampah bertaburan sembarangan. Nggak heran karena kepeduliannya terhadap lingkungan ini, ia bergabung menjadi Duta Tisaling (Tim Sadar Lingkungan) di sekolahnya.

Sejak bergabung dalam Tisaling, penggemar One Direction ini mengaku lebih peduli dengan alam. “Rasa-rasanya sekarang merasa bersalah kalau aku mengotori lingkungan di sekitarku. Dulu, memang nggak terlalu peduli. Tapi sejak tahu banyak hal yang alam berikan pada kita, nggak lagi-lagi deh,  mau mengotori. Bahkan, aku sekarang berani menegur teman yang buang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Kelahiran 8 Juli 1999 ini mengaku mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru lewat organisasi alam tersebut. “Aku sudah tahu cara meneliti kebersihan air sungai. Tahu makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Diajarkan juga cara mengolah sampah jadi kerajinan tangan. Belajar juga cara bercocok tanam. Pokoknya, banyak banget deh, yang aku dapat,” bebernya.

Nurul yang suka menggambar dan mewarnai ini bertekad akan menularkan virus cinta alam ke teman-temannya. Ia juga akan berusaha mengajarkan pengetahuan lingkungan ke orang lain.

Fun Fact:

  • Nurul dan temannya Deni pernah mempresentasikan hasil monitoring Sungai Cipinanggading di Balai Kota Bogor.
  • Film dokumenter soal pencemaran sungai berjudul “Warna-Warni Sungai Cipinanggading” hasil karyanya, menjadi juara 1 dalam perlombaan yang diadakan Yayasan Detara.
  • Foto essai Nurul soal lingkungan pun menjadi favorit pilihan juri dalam Photo contest RMI bertema Sungaiku dari Hulu ke Hilir.
  • Nurul selalu meminta adiknya mengumpulkan sampah yang tidak dipakai untuk didaur ulang.
  • Ia juga rajin meminta minyak jelantah dari mamanya untuk diolah menjadi bahan bakar.

Pernah melakukan aksi berani dan inspiratif seperti Nurul? ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website

Sumber : gadis.co.id

Bagikan artikel ini:
Yayuk Arnawati, S.Pd.,M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan mengucapkan segala puji ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, disertai rasa syukur karena  dengan bimbingan,...

Berlangganan
Banner